16 Agu 2011

9 Langkah Untuk Menjadi Sales Yang Handal


1. kenali produk yang akan anda jual.
 
gimana anda bisa jualan kalo anda tidak tau barang apa yang anda jual.

  2. kenali produk saingan anda.

 
kalo kita bisa mengenal produk saingan, kita bisa menemukan mana kelebihan dan kekurangan produk kita. jika ada kelebihan, tunjukan kepada pelanggan. jika ada kekurangan jelaskan kepada pimpinan.

3. jangan pernah menjelek-jelekan produk saingan. 


pelanggan umumnya akan menilai kita sombong kalo kita terlalu menejelek-jelekan produk saingan. akhirnya pelanggan tidak akan membeli dari kita karena faktor salesnya yang berlebihan. (ada pelanggan yang batal membeli hanya karena salesnya yang selalu negatif dengan produk saingan)

4. kenali kebutuhan pelanggan. 

(jangan menawarkan sisir kepada orang yang kepalanya botak). jika kita mengenal kebutuhan pelanggan, berikan alternatif produk terbaik bagi pelanggan, pelanggan akan terbantu, maka sales akan terjadi.

5. kenali sutuasi dan bahasa tubuh pelanggan 


jika pelanggan terlihat tidak memungkinkan, cari waktu lain, jangan memaksa. jika dipaksakan pasti gagal, kalo sabar untuk lain waktu, mungkin lain juga ceritanya.

6. jujur dengan diri sendiri.


Apakah anda sudah bekerja keras atau tidak,.....???

7 Tanamkan dalam diri anda bahwa


sales tidak berakhir setelah pelanggan membayar lunas, tapi itu adalah awal kita menjadi sales yang handal dengan memberikan layanan purna jual (service) yang baik, biar kita bisa di recomendasikan ke teman-temannya pelanggan.

8. berdoa. doa dari orang yang bekerja keras mendapat antrian lebih awal untuk didengar Tuhan.

9. jangan pasrah dengan nasib. ada pepatah dari negeri cina, kita bisa merubah nasib jika kita mau sedikit kreatif dan bekerja keras.

Tidak ada komentar:

Entri Unggulan

Membuka Indra keenam